A. Informasi dan Perannya dalam Bisnis

  • Informasi adalah kenaikan dalam pengetahuan: memberikan kontribusi kepada kerangka umum konsep dan fakta-fakta yang kita kenal. Informasi bergantung pada konteks dan pengetahuan umum penerima untuk maknanya.
  • Data hanya fakta-fakta mentah, bahan untuk memperoleh informasi. Sistem informasi menggunakan data yang disimpan dalam database komputer untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan 
B. Informasi dan Perannya dalam Bisnis
 

Database adalah sebuah koleksi terorganisir dari data yang saling berhubungan yang mencerminkan aspek utama dari kegiatan perusahaan.
1 Informasi sistem data capture dari organisasi (data internal) dan lingkungan (data eksternal) nya.
2 Mereka menyimpan item database yang lebih dari satu jangka waktu yang luas.
3 Bila informasi spesifik yang dibutuhkan, item data yang sesuai dimanipulasi sebagaimana diperlukan, dan   

pengguna menerima informasi yang dihasilkan.
4. Tergantung pada jenis sistem informasi, output informasi dapat berbentuk respon permintaan, hasil keputusan, saran ahli-sistem, dokumen transaksi, atau laporan.


C. Informasi dan Perannya dalam Bisnis

  • Sistem informasi formal bergantung pada prosedur (didirikan dan diterima oleh praktek organisasi) untuk mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, dan mengakses data dalam rangka untuk memperoleh informasi.
  • Sistem formal tidak harus terkomputerisasi, tetapi hari ini mereka biasanya.
  • Sistem informasi informal juga ada dalam suatu organisasi (jaringan interpersonal, air dingin gosip, dll)
D. Kualitas Informasi Atribut 

1 Tepat Waktu tersedia bila diperlukan dan tidak ketinggalan jaman ketika tersedia
2 Lengkap, mencakup semua kebutuhan pengguna untuk mengetahui tentang situasi di mana informasi tersebut akan digunakan
3 Concise, tidak termasuk unsur-unsur yang dibutuhkan oleh pengguna
4. relevan, memiliki kaitan langsung pada situasi
5. Precise, menawarkan informasi kuantitatif dengan tingkat ketepatan yang sesuai dengan data yang mendasari
6 Bentuk tingkat detail, tabular dibandingkan tampilan grafik, dan kuantitatif terhadap bentuk kualitatif dipilih sesuai dengan situasi Internal dan Eksternal Informasi


E. Sistem

1 Sistem Informasi adalah jenis tertentu dari sistem secara umum.
2 Sebuah sistem adalah seperangkat komponen (subsistem) yang beroperasi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu.
3 Tujuan dari suatu sistem yang diwujudkan dalam output-nya.
4. Secara khusus, tujuan dari sistem informasi adalah untuk memberikan output sesuai dengan anggota organisasi.
5. kualitas sistem dapat dievaluasi dalam hal efektivitas dan efisiensi.
6 Efektivitas mengukur sejauh mana sistem tersebut memenuhi tujuannya.
7 Efisiensi adalah ukuran sumber daya yang dikonsumsi untuk menghasilkan output yang diberikan.
8 sistem NFORMASI digunakan untuk membantu manajemen dengan memberikan umpan balik pada kinerja perusahaan.
 
 


0 komentar:

Posting Komentar