Sistem Informasi adalah seperangkat komponen yang berfungsi untuk mengumpulkan, mengirimkan, dan menyimpan, dan pengolahan data dalam rangka untuk memberikan informasi. Keguanaan Sistem Informasi dalam Organisasi adalah sebagai berikut :
- Mendukung operasi bisnis perusahaan 
- Dukungan manajemen 
- Membantu pekerjaan pengetahuan umum 
Dan Sistem Informasi meliputi: 
- Sistem Pemrosesan Transaksi 
- Manajemen Pelaporan Sistem 
- Sistem Pendukung Keputusan 
- Sistem Informasi Eksekutif 
- Sistem Pendukung profesional 
- Sistem Informasi Kantor 
Komputer: Sebuah prosesor informasi 
Software: Program yang mengendalikan operasi dari sistem komputer (kontras dengan hardware) 
Hardware: Perangkat fisik yang digunakan dalam sistem komputer (kontras dengan software) 
Telekomunikasi: transmisi elektronik informasi jarak; juga, sarana transmisi 
Jaringan Komputer: Sebuah sistem komputer dan telekomunikasi 
Internet: Jaringan global jaringan yang telah menjadi utilitas informasi di seluruh dunia 
World Wide Web: Koleksi hyper-link multimedia (teks, foto, grafik, suara, gambar bergerak) database yang tersimpan dalam komputer yang dikenal sebagai server di seluruh dunia dan dapat diakses melalui Internet 
Macam - Macam Lingkungan Organisasi Baru dan Cara Baru untuk Bekerja 
1. Struktur organisasi tradisional, yang masih berlaku saat ini, yang terstruktur di sepanjang garis fungsional atau divisi.
Bagan organisasi berlapis-lapis menentukan struktur hirarkis tahan lama dari sebuah organisasi 
Umum Kerugian untuk Struktur Organisasi Tradisional 
Permanen relatif dan kekakuan dari kedua struktur fungsional dan divisional sering menyebabkan kurangnya koordinasi antar unit korporasi dan unit mengejar mereka sendiri, sebagai lawan tujuan organisasi.
2. Struktur Fungsional: Orang yang melakukan kegiatan serupa ditempatkan bersama-sama dalam satuan formal dan dengan demikian organisasi dibagi sesuai dengan fungsi dari perusahaan.
Kekurangan dari struktur fungsional : 
Koordinasi yang buruk dari upaya seluruh fungsi - dengan banyak keputusan dimaksud menaiki hierarki perusahaan 
Kurangnya tanggung jawab yang jelas untuk produk atau jasa secara keseluruhan 
General memperlambat dalam inovasi yang diperlukan untuk merespon lingkungan yang kompetitif berubah dengan cepat hari ini .
3. Struktur Divisional: divisi Perusahaan yang dibentuk berdasarkan kelompok produk atau layanan yang mereka berikan, wilayah geografis mereka menutupi, atau segmen pelanggan yang mereka layani 
Keuntungan: Fleksibilitas yang lebih besar dalam menanggapi tuntutan kompetitif pasar. 
Kekurangan: Mereka sering menderita duplikasi sumber daya dan upaya seluruh divisi dan dari keahlian fungsional kurang berkembang 
 
Organisasi virtual 
Sebuah organisasi virtual adalah sebuah organisasi yang strukturnya untuk tingkat besar dibuat dengan menggunakan sistem informasi daripada mengikuti organisasi grafik 
Organisasi Jaringan: Sebuah struktur organisasi dimana perusahaan menjadi inti dari sebuah organisasi virtual diperpanjang yang termasuk mitra jangka panjang perusahaan, pengadaan barang dan jasa untuk perusahaan inti 
- Kompetensi inti: Kemampuan khusus yang membedakan perusahaan dan yang dihargai oleh pasar 
- Outsourcing: Persetujuan beberapa barang atau jasa yang sebelumnya diproduksi oleh perusahaan kepada penyedia khusus. 
Intranet: Sebuah jaringan internal perusahaan yang menyebarkan fasilitas internet, terutama orang-orang dari World Wide Web 
Informasi dan Perannya dalam Bisnis 
Informasi adalah kenaikan dalam pengetahuan: memberikan kontribusi kepada kerangka umum konsep dan fakta-fakta yang kita kenal. Informasi bergantung pada konteks dan pengetahuan umum penerima untuk maknanya. 
Database adalah sebuah koleksi terorganisir dari data yang saling berhubungan yang mencerminkan aspek utama dari kegiatan perusahaan. 
Sistem informasi formal bergantung pada prosedur (didirikan dan diterima oleh praktek organisasi) untuk mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, dan mengakses data dalam rangka untuk memperoleh informasi. 
Sistem formal tidak harus terkomputerisasi, tetapi hari ini mereka biasanya. 
Sistem informasi informal juga ada dalam suatu organisasi (jaringan interpersonal, air dingin gosip, dll). 
Sebuah sistem informasi adalah jenis tertentu dari sistem secara umum. 
Suatu sistem adalah seperangkat komponen (subsistem) yang beroperasi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu. 
Tujuan dari sistem yang diwujudkan dalam output-nya.
Jenis Sistem Informasi 
- Sistem Pemrosesan Transaksi 
Sistem pemrosesan transaksi saat ini umumnya bekerja di on-line modus dengan segera memproses transaksi bisnis perusahaan. 
- Manajemen Pelaporan Sistem 
Memberikan informasi rutin kepada para manajer, untuk mencegah overload informasi, manajer mungkin resor untuk menggunakan permintaan atau pengecualian laporan 
- Sistem Pendukung Keputusan 
Sistem pendukung keputusan langsung mendukung sesi pengambilan keputusan. Sistem ini memfasilitasi dialog antara pengguna, yang sedang mempertimbangkan solusi alternatif masalah, dan sistem yang menyediakan built-in model dan akses ke database. Database DSS sering ekstrak dari database umum perusahaan atau dari database eksternal 
- Sistem Informasi Eksekutif 
Sistem informasi eksekutif mendukung manajer puncak dengan informasi yang terletak ditampilkan diringkas, disesuaikan untuk mereka. 
- Sistem Informasi Kantor 
Memfasilitasi komunikasi antara anggota organisasi dan antara organisasi dan lingkungannya.
- Sistem Pendukung profesional 
Profesional sistem pendukung membantu dalam tugas-tugas khusus untuk berbagai profesi 
Sistem pakar sistem yang mempekerjakan pengetahuan tentang domain aplikasi dan menggunakan inferensia (alasan) prosedur untuk memecahkan masalah yang tidak akan membutuhkan kompetensi manusia atau keahlian
 
Manajer Pendukung Sistem Informasi 
- Strategis: dilakukan oleh eksekutif perusahaan atas dan papan perusahaan bertanggung jawab untuk menetapkan dan memantau arah jangka panjang bagi perusahaan selama tiga tahun atau lebih ke depan 
- Taktis: dilakukan oleh manajer menengah yang bertanggung jawab untuk akuisisi dan alokasi sumber daya untuk proyek-proyek sesuai dengan rencana taktis, ditetapkan untuk satu atau dua tahun 
- Operasional: dilakukan oleh pengawas dari unit yang lebih kecil pekerjaan yang berhubungan dengan perencanaan dan pengendalian jangka pendek (biasanya, minggu atau enam bulan) anggaran dan jadwal 
Fungsi Dasar Manajemen 
Perencanaan tujuan membangun dan memilih tindakan yang diperlukan untuk mencapai mereka selama periode waktu tertentu. 
Mengontrol mengukur kinerja terhadap tujuan yang direncanakan dan melakukan tindakan korektif, jika diperlukan. 
Kepemimpinan termasuk orang-orang dalam organisasi untuk berkontribusi tujuannya. 
Pengorganisasian membangun dan kepegawaian struktur organisasi untuk melakukan kegiatan usaha. 

0 komentar:

Posting Komentar