- Mendukung operasi bisnis perusahaan
- Dukungan manajemen
- Membantu pekerjaan pengetahuan umum
Dan Sistem Informasi meliputi:
- Sistem Pemrosesan Transaksi
- Manajemen Pelaporan Sistem
- Sistem Pendukung Keputusan
- Sistem Informasi Eksekutif
- Sistem Pendukung profesional
- Sistem Informasi Kantor
Komputer: Sebuah prosesor informasi
Software: Program yang mengendalikan operasi dari sistem komputer (kontras dengan hardware)
Hardware: Perangkat fisik yang digunakan dalam sistem komputer (kontras dengan software)
Telekomunikasi: transmisi elektronik informasi jarak; juga, sarana transmisi
Jaringan Komputer: Sebuah sistem komputer dan telekomunikasi
Internet: Jaringan global jaringan yang telah menjadi utilitas informasi di seluruh dunia
World Wide Web: Koleksi hyper-link multimedia (teks, foto, grafik,
suara, gambar bergerak) database yang tersimpan dalam komputer yang
dikenal sebagai server di seluruh dunia dan dapat diakses melalui
Internet
Macam - Macam Lingkungan Organisasi Baru dan Cara Baru untuk Bekerja
1. Struktur organisasi tradisional, yang masih berlaku saat ini, yang terstruktur di sepanjang garis fungsional atau divisi.
Bagan organisasi berlapis-lapis menentukan struktur hirarkis tahan lama dari sebuah organisasi
Umum Kerugian untuk Struktur Organisasi Tradisional
Permanen relatif dan kekakuan dari kedua struktur fungsional dan
divisional sering menyebabkan kurangnya koordinasi antar unit korporasi
dan unit mengejar mereka sendiri, sebagai lawan tujuan organisasi.
2. Struktur Fungsional: Orang yang melakukan kegiatan serupa ditempatkan
bersama-sama dalam satuan formal dan dengan demikian organisasi dibagi
sesuai dengan fungsi dari perusahaan.
Kekurangan dari struktur fungsional :
Koordinasi yang buruk dari upaya seluruh fungsi - dengan banyak keputusan dimaksud menaiki hierarki perusahaan
Kurangnya tanggung jawab yang jelas untuk produk atau jasa secara keseluruhan
General memperlambat dalam inovasi yang diperlukan untuk merespon lingkungan yang kompetitif berubah dengan cepat hari ini .
3. Struktur Divisional: divisi Perusahaan yang dibentuk berdasarkan
kelompok produk atau layanan yang mereka berikan, wilayah geografis
mereka menutupi, atau segmen pelanggan yang mereka layani
Keuntungan: Fleksibilitas yang lebih besar dalam menanggapi tuntutan kompetitif pasar.
Kekurangan: Mereka sering menderita duplikasi sumber daya dan upaya
seluruh divisi dan dari keahlian fungsional kurang berkembang
Organisasi virtual
Sebuah organisasi virtual adalah sebuah organisasi yang strukturnya
untuk tingkat besar dibuat dengan menggunakan sistem informasi daripada
mengikuti organisasi grafik
Organisasi Jaringan: Sebuah struktur organisasi dimana perusahaan
menjadi inti dari sebuah organisasi virtual diperpanjang yang termasuk
mitra jangka panjang perusahaan, pengadaan barang dan jasa untuk
perusahaan inti
- Kompetensi inti: Kemampuan khusus yang membedakan perusahaan dan yang dihargai oleh pasar
- Outsourcing: Persetujuan beberapa barang atau jasa yang sebelumnya diproduksi oleh perusahaan kepada penyedia khusus.
Intranet: Sebuah jaringan internal perusahaan yang menyebarkan fasilitas internet, terutama orang-orang dari World Wide Web
Informasi dan Perannya dalam Bisnis
Informasi adalah kenaikan dalam pengetahuan: memberikan kontribusi
kepada kerangka umum konsep dan fakta-fakta yang kita kenal. Informasi
bergantung pada konteks dan pengetahuan umum penerima untuk maknanya.
Database adalah sebuah koleksi terorganisir dari data yang saling
berhubungan yang mencerminkan aspek utama dari kegiatan perusahaan.
Sistem informasi formal bergantung pada prosedur (didirikan dan diterima
oleh praktek organisasi) untuk mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi,
dan mengakses data dalam rangka untuk memperoleh informasi.
Sistem formal tidak harus terkomputerisasi, tetapi hari ini mereka biasanya.
Sistem informasi informal juga ada dalam suatu organisasi (jaringan interpersonal, air dingin gosip, dll).
Sebuah sistem informasi adalah jenis tertentu dari sistem secara umum.
Suatu sistem adalah seperangkat komponen (subsistem) yang beroperasi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu.
Tujuan dari sistem yang diwujudkan dalam output-nya.
Jenis Sistem Informasi
- Sistem Pemrosesan Transaksi
Sistem pemrosesan transaksi saat ini umumnya bekerja di on-line modus dengan segera memproses transaksi bisnis perusahaan.
- Manajemen Pelaporan Sistem
Memberikan informasi rutin kepada para manajer, untuk mencegah overload
informasi, manajer mungkin resor untuk menggunakan permintaan atau
pengecualian laporan
- Sistem Pendukung Keputusan
Sistem pendukung keputusan langsung mendukung sesi pengambilan
keputusan. Sistem ini memfasilitasi dialog antara pengguna, yang sedang
mempertimbangkan solusi alternatif masalah, dan sistem yang menyediakan
built-in model dan akses ke database. Database DSS sering ekstrak dari
database umum perusahaan atau dari database eksternal
- Sistem Informasi Eksekutif
Sistem informasi eksekutif mendukung manajer puncak dengan informasi
yang terletak ditampilkan diringkas, disesuaikan untuk mereka.
- Sistem Informasi Kantor
Memfasilitasi komunikasi antara anggota organisasi dan antara organisasi dan lingkungannya.
- Sistem Pendukung profesional
Profesional sistem pendukung membantu dalam tugas-tugas khusus untuk berbagai profesi
Sistem pakar sistem yang mempekerjakan pengetahuan tentang domain
aplikasi dan menggunakan inferensia (alasan) prosedur untuk memecahkan
masalah yang tidak akan membutuhkan kompetensi manusia atau keahlian
Manajer Pendukung Sistem Informasi
- Strategis: dilakukan oleh eksekutif perusahaan atas dan papan
perusahaan bertanggung jawab untuk menetapkan dan memantau arah jangka
panjang bagi perusahaan selama tiga tahun atau lebih ke depan
- Taktis: dilakukan oleh manajer menengah yang bertanggung jawab untuk
akuisisi dan alokasi sumber daya untuk proyek-proyek sesuai dengan
rencana taktis, ditetapkan untuk satu atau dua tahun
- Operasional: dilakukan oleh pengawas dari unit yang lebih kecil
pekerjaan yang berhubungan dengan perencanaan dan pengendalian jangka
pendek (biasanya, minggu atau enam bulan) anggaran dan jadwal
Fungsi Dasar Manajemen
Perencanaan tujuan membangun dan memilih tindakan yang diperlukan untuk mencapai mereka selama periode waktu tertentu.
Mengontrol mengukur kinerja terhadap tujuan yang direncanakan dan melakukan tindakan korektif, jika diperlukan.
Kepemimpinan termasuk orang-orang dalam organisasi untuk berkontribusi tujuannya.
Pengorganisasian membangun dan kepegawaian struktur organisasi untuk melakukan kegiatan usaha.
0 komentar:
Posting Komentar